Tuesday, October 13, 2015

Proposal Bisnis Cafe



PROPOSAL BISNIS
 (VELOVE CAFÉ)

Bidang Makanan dan Minuman



Sumedang, 20 Mei 2015





Disusun oleh :

Novela Putri Dhanty Kusmawan A3.1400021





Biodata Lengkap

A.  Nama dan Alamat Perusahaan
Nama Perusahaan        : Velove Café
Alamat Perusahaan     : Jalan Braga, Bandung
No. Telp                      : 082-317-808-519


B.  Nama dan Alamat Pemilik
Nama Pemilik              : Novela Putri Dhanty Kusmawan
Alamat Pemilik           : Ds. Gunasari Sumedang Selatan, Sumedang
No. Telp                      : 0856-030-872-11
E-mail                          : novelaputridk97@gmail.com


 
LATAR BELAKANG

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, semakin berkembangnya zaman muncul berbagai tempat-tempat makan seperti kafe, kedai, restaurant dan sebagainya yang menyajikan berbagai makanan dengan inovasi baru yang unik. Makanan yang bermutu, sehat dan bergizi, pelayanan yang layak serta tempat yang nyaman menjadi salah satu daya tarik dan keinginan para pengunjung karena manuasia tak pernah puas akan satu hal saja.
Untuk itu, dengan dibuatnya sebuah kafe yang dapat memuaskan para pelangggan dengan makanan yang sehat, bermutu dan halal serta dengan pelayanan yang baik dan tempat yang nyaman. Selain sebagai tempat makan biasanya kafe menjadi tempat berkumpul dan bersantai, khususnya para kalangan remaja, pegawai kantoran maupun masyarakat umum lainnya untuk membicarakan tentang pekerjaannya, nongkrong serta tempat yang cocok untuk arisan bagi para kaum wanita dan tempat berkumpul bersama teman, keluarga atau lainnya. Biasanya sekelompok orang suka berkumpul disuatu tempat yang dianggapnya nyaman serta dapat mendukung aktivitas yang dilakukannya.
Velove Café  tidak hanya sebagai tempat untuk makan, tetapi juga bisa dijadikan tempat belajar karena dilengkapi fasilitas wi-fi sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi. Velove Café ini menawarkan pelanggan dengan berbagai hidangan makanan berat hingga ringan. Menu utama dari  Velove Café ini yaitu Nasi Isi Indonesia, Mie Ayam, Mie Ramen, Nasi Sunda serta menyediakan makanan ringan seperti keripik singkong pedas, makroni dan lainnya. Serta minuman pelengkap dan aneka macam jus berbagai buah segar dan sehat yang disajikan secara unik. Velove Café menyajikan cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat. Dengan pelayanan yang baik, ramah dan tamah serta tempat yang begitu nyaman dengan arsitektur desain kafe penggabungan budaya sunda dengan budaya jepang sehingga terkesan sederhana namun mewah.



VISI DAN MISI
  1. Visi
Menciptakan sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
  1. Misi
·         Memberikan kualitas  produk  yang terbaik.
·         Memberikan pelayanan yang terbaik.


TUJUAN USAHA
Tujuan dari bisnis ini adalah :
  1. Mencari keuntungan sebesar-besarnya
  2. Membuka lowongan pekerjaan
  3. Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
  4. Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
  5.  Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha


MANFAAT  USAHA

Dengan dibuatnya Velove Café ini terdapat manfaat-manfaat yang didapatkan baik dari segi ekonomi maupun segi sosial, diantaranya sebagai berikut :
  1. Manfaat Ekonomi
Usaha café  ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi para pelanggan dengan memberikan harga yang cukup terjangkau tapi dengan produk yang bermutu, higienis dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan.
b.      Manfaat Sosial
1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang dan dapat membuka cabang di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Usaha café ini cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang belum menikmati dan dating ke kafe yang desain kafe yang bernuansa penggabungan dua kebudayaan yaitu jepang dan sunda, dimana kita mengambil interior dari bambu. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain sebagainya.
2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya kafe ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka, dan memuaskan keinginan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.

Ide Usaha Bisnis

Velove Café merupakan suatu usaha bisnis kafe yaitu sebuah tempat makan dan tempat nongkrong anak muda yang beralamatkan di Jln.Braga Bandung, tempat ini sangat strategis karena berada di tengah kota dekat dengan tempat pendidikan seperti sekolah dan perguruan tinggi serta perkantoran, mudah dijangkau oleh semua kendaraan. Velove café berdiri di atas lahan seluas 20 m2. Dengan desain atau arsitektur bangunan cenderung dari penggabungan dua kebudayaan yaitu Jepang dan Sunda terutama bahan baku untuk bangunan selebihnya dari bambu. Velove café menyediakan berbagai menu dan untuk menu khas café ini yaitu Nasi Isi Indonesia yaitu nasi yang bentuk bulat dengan isi berbagai masakan khas Indonesia, menu lainnya yaitu Mie Ayam, Mie Ramen, Mie Kwetiaw, Ayam Teriyaki, Chicken Katsu, dan menyediakan berbagai cake serta berbagai minuman pelengkap seperti Kopi, Teh, Jus berbagai buah, milk shake, Es Bergidig dan minuman lainnya, serta menyediakan makanan ringan untuk cemilan seperti keripik singkong, makroni dan makanan ringan lainnya. Menu yang disajikan terjamin akan kehalalannya, kesehatannya, kebersihannya dan bermutu tinggi serta berkualitas baik. Dimana ada menu yang menjadi ciri khas kafe ini, yang menjadi daya tarik orang-orang untuk mencobanya.
Selain sebagai tempat untuk makan, kafe ini pun bisa gunakan sebagai tempat belajar dan nongkrong anak muda karena kafe ini menyediakan fasilitas wi-fi dan juga menampilkan band – band setiap minggunya. Dengan menawarkan produk yang harganya cukup terjangkau oleh masyarakat namun tetap kualitas produk tetap terjaga dan berkualitas baik. Serta memberikan pelayanan yang baik, sehingga para konsumen dapat merasa nyaman dan dapat menjadi pelanggan tetap, sehingga usaha ini akan mendapat keuntungan.
Tujuan dibuat dan dibentuknya usaha bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan bagi pemiliknya selain itu juga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat. Peluang yang didapatkan pun sangat besar karena disana kebutuhan pasar sangat tinggi, gaya hidup masyarakat yang sudah berbeda yaitu lebih menyukai makanan yang cepat saji, karena orang-orang sangat sibuk akan aktivitasnya yang memungkinkan orang-orang mencari tempat makan yang dapat memberikan kenyamanan dan juga dapat memuaskan para pelanggan baik dari sajian menu maupun pelayanannya.

STRUKTUR ORGANISASI

Berikut manajemen usaha Velove Café yang terdiri dari:
-          Pemilik
bertugas mengatur dan mengawasi jalannya usaha  serta kerja para karyawannya dan  bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha.
-          Manager
sebagai kepala dalam operasional kafe. Tugas manager adalah mengatur dan mengelola secara optimal penggunan faktor produksi seperti tenaga kerja, mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.
-          Divisi Keuangan
yang menangani masalah pemasukan dan pengeluaran kafe. bertugas sebagai kasir yang mana harus dapat melayani pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.
-           Divisi Pelayanan
terdiri dari 13 karyawan, 5 karyawan sebagai juru masak yang bertugas untuk membuat menu makanan dan minuman 5 karyawan sebagai pramusaji yang bertugas mengantarkan makanan dan minuman yang dipesan pelanggan dan bertanggung jawab atas semua pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, pramusaji juga bertugas membantu membersihkan perlengkapan makan yang kotor. Adapun tugas lainnya, sebagai berikut:
a. Melayani tamu secara profesional.
b. Memperhatikan kebutuhan tamu.
c. Mengetahui produk yang dijual.
d. Bertanggung jawab terhadap operasional cafe.
e. Menerima pesanan dari tamu.
f. Menyiapkan makanan dan minuman tamu.
g. Membersihkan peralatan yang kotor.
-          1 karyawan sebagai security, yang bertugas mengamankan keadaan café agar tidak terjadi kericuhan.
-          2 karyawan lagi sebagai cleaning service yang bertugas membersihkan ruangan yang ada dan bertanggung jawab agar kafe tetap bersih dan nyaman.


ANALISIS SWOT

Sebelum terbentuknya Velove Café  haruslah dilakukan analisis yang meliputi Strength, Weakness, Opportunity, Threat atau lebih dikenal dengan analisis SWOT dengan tujuan agar usaha bisnis kafe ini dapat berjalan dengan baik.
STRENGTH (KEKUATAN)
Kekuatan dalam bisnis usaha kafe ini adalah pada menu utama yaitu Nasi Isi Indonesia, dimana dari tekstur sangat unik, dan memiliki cita rasa masakan khas masing-masing daerah. Adapun minumannya yaitu Es Bergidig yaitu es kelapa muda yang dicampuri rumput laut. Dan juga masih ada menu lainnya yang memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya, dengan menggunakan rempah-rempah alami tanpa bahan pengawet, dan bahan kimia.
Velove Café ini disertai dengan fasilitas yang dapat menjadi nilai tambah kafe ini yaitu akses wi-fi. Dimana para pengunjung akan merasa nyaman dan dapat memuaskan pelanggan.
WEAKNESS (KELEMAHAN)
            Kelemahannya pada pemilihan tempat yang akan dijadikan kafe, dimana tempatnya harus strategis, karena akan mempengaruhi kelancaran usaha ini, serta adanya inovasi-inovasi baru dalam menu makanan dan minuman karena para manusia akan mudah bosan dengan menu yang ada. Faktor lainnya dari kenaikan harga sembako yang dapat menurunkan permintaan konsumen.
OPPORTUNITY (PELUANG)
            Peluang dari usaha ini yaitu banyak masyarakat yang membutuhkan makanan, terutama bagi kalangan karyawan, anak muda, serta masyarakat umum yang sangat menyukai kuliner. Serta banyak tempat makan lainnya yang menggunakan bahan pengawet dan lainnya, maka saya bermaksud untuk membuat berbagai menu dengan menggunakan bumbu rempah-rempah alami, sehingga bercita rasa yang khas.


THREAT (ANCAMAN)
Melihat dari banyaknya permintaan masyarakat dalam mengkonsumsi makanan, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang terbaik kepada semua konsumen. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha ini.

ANALISIS PASAR

Analisis pasar dari usaha bisnis kafe ini yaitu :
Target Pasar
Usaha ini berlokasi di tempat yang strategis seperti Jalan Braga, Bandung. Lokasi tersebut banyak dilewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal, maupun nonlokal sehingga usaha ini mudah dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasarnya yaitu masyarakat setempat, dan masyarakat pengguna jalan tempat kafe ini berdiri.
Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah harus adanya kreatifitas bagaimana cara menarik konsumen agar dapat membeli produk tanpa membuat pesaing merasa tidak senang dengan tindakan yang telah dilakukan. Namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.
Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang ditawarkan, harga yang diberikan pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang diberikan yaitu mulai dari Rp. 5.000,- sampai dengan Rp.50.000,- .

STRATEGI PEMASARAN

Adapun beberapa cara atau strategi pemasaran yang dilakukan agar usaha bisnis dapat berkembang dan usaha bisnis dapat dikenal oleh banyak orang yaitu :
Dari Mulut ke Mulut
Cara pempromosian ini sangat sederhana, dan  tak terlalu banyak mengeluarkan biaya, karena orang lain yang akan mempromosikan usaha bisnis tersebut. Dengan syarat bila menu yang disajikan enak, pelayanan yang baik dan tempat yang nyaman, maka orang akan bercerita kepada orang-orang tentang usaha tersebut dan akan banyak para pelanggan baru yang mencoba dan menikmati apa yang ada di kafe ini. Namun sebaliknya orang-orang tidak akan datang dan mencoba bila mendengar bahwa menu, pelayanan dan tempat yang tidak baik dan tidak dapat memuaskan para konsumen.
Dengan Teknologi
            Karena orang-orang pada zaman sekarang sudah modern dan sudah banyak orang yang mengenal teknologi, dan pengaruh teknologi dalam hal pempromosian sangat tinggi  Oleh karena itu, agar usaha bisnis cepat dikenal dan diketahui orang-orang maka bisa menggunakan jasa Internet seperti promosi lewat Facebook, Twitter, Instagram, Path, website dll.
Membuka Cabang
            Agar dapat menambah keuntungan, membuka lowongan pekerjaan serta usaha bisnis yang dapat dikenal oleh banyak orang yaitu dengan cara membuka cabang usaha baru ke daerah-daerah lain.
Inovasi Produk
            Dengan membuat atau menambahkan menu yang baru akan membuat para konsumen semakin tertarik dan tidak akan membuat para pelanggan jenuh akan produk. Sehingga usaha bisnis akan terus berkembang.
Harga Produk
            Adapun harga jual dari setiap menu sebagai berikut :
Menu
Harga
Nasi Isi Indonesia
Rp. 25.000,-
Mie Ayam
Rp. 15.000,-
Mie Ramen
Rp. 20.000,-
Mie Kwetiaw
Rp. 15.000,-
Ayam Teriyaki
Rp. 25.000,-
Chicken Katsu
Rp. 25.000,-
Keripik Singkong (berbagai rasa)
Rp.   5.000,-
Makroni (berbagai rasa)
Rp.   5.000,-
Pasta
Rp. 17.000,-
Surabi slai Kinca
Rp. 15.000,-
Ikan Bakar mayoneis
Rp. 30.000,-
Kue Tart
Rp. 35.000,-
Brownies Buah
Rp. 40.000,-
Pan cake
Rp. 30.000,-
Roti Sehat
Rp. 28.000,-
Roti Blueberry
Rp. 30.000,-
Es Bergidig
Rp. 15.000,-
Jus Alpukat
Rp. 15.000,-
Jus Jeruk
Rp. 15.000,-
Jus Jambu
Rp. 15.000,-
Jus Melon
Rp. 15.000,-
Jus Strawberry
Rp. 15.000,-
Milk Shake
Rp. 15.000,-
 Kopi daerah
Rp. 15.000,-
Teh Cinta
Rp. 15.000,-
Dreaming Ice Cream
Rp. 20.000,-

ASPEK MANAJEMEN

Agar usaha bisnis berjalan dengan baik dan terus berkembang, harus diperhatikan dalam aspek manajemennya karena fungsi manajemen itu sendiri yaitu untuk mengatur segala hal yang ada dalam bisnis agar tidak dapat terjadi kebangkrutan. Dalam aspek manajemen terdapat beberapa point diantaranya:
SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)
-          Karyawan
Untuk membuat usaha bisnis ini berjalan dibutuhkan beberapa orang yang akan membantu jalannya usaha seperti karyawan. Karyawan yang dibutuhkan dalam usaha bisnis kefe ini yaitu ada 15 orang karyawan diantaranya :
-          1 orang sebagai manager
-          1 orang sebagai kasir
-          5 orang sebagai juru masak
-          5 orang sebagai pramusaji
-          1 orang sebagai security
-          2 orang sebagai cleaning service
Adapun penempatan para karyawan sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka, sebelum dipekerjakan, para calon karyawan diinterview terlebih dahulu dan dilihat dari pengalamannya dalam bekerja. Upah datau gaji yang diberikan sesuai dengan UMR yang berlaku dan sesuai bagiannya. Agar para karyawan dapat nyaman sebagai pekerja di usaha tersebut dan dapat bekerja dengan baik maka para pekerja diberikan motivasi dan juga diberi kelayakan yang sepantasnya. Dan menciptakan lingkungan kerja yang dapat membuat para karyawan nyaman akan pekerjaannya.
-          Distributor
Agar usaha dapat berlangsung dengan baik maka melakukan kerjasama dengan distributor penyedia bahan mentah dari menu kafe kami. Sehingga bahan-bahan mentah yang dibutuhkan usaha ini mudah didapatkan. Distributor disini dimaksudkan adalah pabrik-pabrik yang menyediakan bahan mentah yang dibutuhkan.
-          Masyarakat Sekitar
Bukan hanya tenaga kerja dan distributor yang dapat menunjang kelangsungan usaha. Karena kita harus memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar agar kita dapat disukai oleh masyarakat dan agar  tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


KEUANGAN
Peralatan Dapur
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
Oven
1 buah
2.500.000
2.500.000
Tabung Gas 12 kg
2 buah
600.000
1.200.000
Kompor Gas
4 buah
300.000
1.200.000
Magic com
2 buah
700.000
1.400.000
Baskom
5 buah
15.000
75.000
Box Plastik
6 buah
30.000
180.000
Panci
5 buah
100.000
500.000
Dispenser
2 buah
70.000
140.000
Galon
4 buah
50.000
200.000
Wajan
6 buah
60.000
480.000
Spatula
6 buah
20.000
120.000
Talenan
3 buah
20.000
60.000
Ladle
3 buah
20.000
60.000
Saringan
4 buah
20.000
80.000
Pisau
2 set
100.000
200.000
Tong Sampah
3 buah
40.000
120.000
Timbangan
1 buah
100.000
100.000
Cetakan Kue
1 set
50.000
50.000
Mesin pembuat es krim
1 buah
2.000.000
2.000.000
Scope ice cream
2 buah
15.000
30.000
Blender
3 buah
75.000
225.000
Mixer  otomatis
1 buah
500.000
500.000
Serbet
30 buah
4.000
120.000
Gelas
4 lusin
80.000
320.000
Cangkir
3 lusin
60.000
180.000
Sendok dan garpu makan
5 lusin
30.000
150.000
Piring Hidang
6 lusin
200.000
1200.000
Nampan
5 buah
10.000
50.000
Cobek
2 buah
25.000
50.000
Lemari Es
2 buah
3.000.000
6.000.000
TOTAL
19.490.000

Peralatan Penunjang
Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Total (Rp)
Meja makan
25 buah
100.000
2.500.000
Kursi
50 buah
75.000
3.750.000
Meja Kasir
1 buah
150.000
150.000
Wastafel
2 unit
850.000
1.700.000
Pesawat Telepon
2 buah
200.000
400.000
Komputer
1 unit
4.000.000
4.000.000
Printer
1 unit
500.000
500.000
Wairless
1 unit
1.000.000
1.000.000
Lukisan dan pajangan
3 buah
100.000
300.000
ATK

100.000
200.000
Speaker Aktif
Full set
1.500.000
1.500.000
Tempat tissue + tissue
30 buah
10.000
300.000
Air Conditioner
6 unit
2.500.000
15.000.000
Mesin Kasir
1 unit
1.000.000
1.000.000
TOTAL
32.300.000

Persediaan Makanan dan Minuman
Komponen
Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Harga/3 hari
Beras
2 krg
100.000
200.000
Mie untuk mie ayam
3 kg
20.000
60.000
Mie untuk mie ramen
3 kg
20.000
60.000
Mie untuk mie kwetiaw
3 kg
20.000
60.000
Ayam
10 kg
50.000
500.000
Bawang Merah
1 kg
10.000
10.000
Bawang Putih
1 kg
10.000
10.000
Minyak Goreng
15 liter
12.000
180.000
Kecap Manis
30 bks
5.000
150.000
Saus Tomat
10 bks
5.000
50.000
Cabai Merah
2 kg
15.000
30.000
Cabai Hijau
2 kg
15.000
30.000
Tomat
2 kg
10.000
20.000
Cabai Rawit
2 kg
15.000
30.000
Seledri
3 kg
5.000
15.000
Bawang Daun
3 kg
5.000
15.000
Bawang Bombay
3 kg
10.000
30.000
Telur
7 kg
20.000
140.000
Pecay
8 buah
3.000
24.000
Wortel
1 kg
12.000
12.000
Sosin
20 ikat
3.000
60.000
Kol
3 buah
3.000
9.000
Jahe
1 kg
3.000
3.000
Jeruk Nipis
2 kg
5.000
10.000
Lada
1 kg
5.000
5.000
Ketimun
3 kg
12.000
36.000
Kayu manis
1 kg
5.000
5.000
Cengkeh
1 kg
5.000
5.000
Udang
4 kg
20.000
80.000
Tepung Terigu
5 kg
10.000
50.000
Mentega
5 kg
15.000
75.000
Merica
1 kg
5.000
5.000
Kecap Asin
10 bks
10.000
100.000
Mayoneis
7 buah
25.000
175.000
Ceres
5 buah
22.000
110.000
Saus Tiram
10 buah
10.000
100.000
Gula merah
1 kg
12.000
12.000
Gula Pasir
5 kg
24.000
120.000
Tepung meizena
4 kg
25.000
100.000
Strawberry
3 kg
10.000
30.000
Alpukat
3 kg
15.000
45.000
Jeruk
3 kg
10.000
30.000
Jambu
3 kg
10.000
30.000
Melon
6 kg
10.000
60.000
Susu kental manis coklat dan vanilla
7 buah
10.000
70.000
Keju
4 kg
20.000
80.000
Kismis
3 kg
10.000
30.000
Lemon
3 kg
10.000
30.000
Berbagai the
2 kg
15.000
30.000
Berbagai kopi
2 kg
20.000
40.000
Coklat batangan
3 kg
20.000
60.000
Sayuran lain
2 kg
10.000
20.000
Aneka cake
1 kg
15.000
15.000
Apel
3 kg
15.000
45.000
Pisang
3 kg
15.000
45.000
Mangga
3 kg
15.000
45.000
Blueberry
3 kg
15.000
45.000
Makroni
3 kg
10.000
30.000
Keripik Singkong
3 kg
10.000
30.000
Pasta
2 kg
20.000
40.000
Kelapa/kara
10 bks
10.000
100.000
TOTAL
3.636.000
                                                           
Rincian Biaya  :
-          Beban Gaji Karyawan                                     Rp. 15.000.000
-          Beban Listrik                                                  Rp.   2.000.000
-          Beban Air                                                        Rp.   1.000.000
-          Penyewaan Gedung                                        Rp.  50.000.000
-          Akum peny. Gedung                                      (Rp. 2.500.000)
Rp. 65.500.000
Total keseluruhan     : Peralatan + Persediaan + Beban
 = (19.490.000 + 32.300.000) + 3.636.000 + Rp. 65.500.000
= 120.926.000



RANCANGAN PENGAJUAN MODAL USAHA


·       Total Pembiayaan                              : Rp. 250.000.000,-
·       Modal Sendiri                                    : Rp. 100.000.000,-
·       Pinjaman yang Diajukan                     : Rp. 150.000.000,-
·           Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman         : 5 Tahun
·       Rata-rata umset per-Bulan (Rp)           : Rp. 30.000.000,-
·       Keuntungan per-Bulan (Rp)                          : Rp. 10.000.000,-
·       Investasi pengembalian modal             : Rp. 5.000.000,-/bln

  
PENUTUP
Demikian proposal usaha bisnis ini saya buat dengan harapan permohonan pengajuan modal usaha sehingga usaha yang saya dirikan dapat berdiri dan berkembang. Tujuan dibuatnya proposal ini yaitu untuk membuka peluang usaha. Dapat saya simpulkan dari pendirian usaha ini yaitu memenuhi kebutuhan pasar dan permintaan konsumen yang tinggi, serta dapat membuka lowongan pekerjaan sehingga dapat mengurangi pengangguran.
Akhir kata saya ucapkan banyak terima kasih terutama kepada Allah SWT, karena dengan rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan proposal usaha bisnis ini. Serta semua pihak yang telah membantu. Dan juga harapan agar saudara dapat memberikan modal untuk usaha ini.
Dan saya pun mengarapkan kritik dan saran yang membangun bagi kelancaran dan kemajuan usaha kafe ini.




                                                                                                Sumedang, 20 Mei 2015
     Ttd

Novela Putri Dhanty Kusmawan
     

0 komentar:

Post a Comment