PROPOSAL BISNIS
(VELOVE CAFÉ)
Bidang Makanan dan Minuman
Sumedang, 20 Mei 2015
Disusun oleh :
Novela Putri Dhanty Kusmawan A3.1400021
Biodata Lengkap
A. Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama
Perusahaan : Velove Café
Alamat
Perusahaan : Jalan Braga, Bandung
No. Telp : 082-317-808-519
B. Nama
dan Alamat Pemilik
Nama
Pemilik : Novela Putri Dhanty
Kusmawan
Alamat
Pemilik : Ds. Gunasari Sumedang
Selatan, Sumedang
No. Telp : 0856-030-872-11
E-mail : novelaputridk97@gmail.com
LATAR
BELAKANG
Makanan merupakan salah satu
kebutuhan pokok manusia, semakin berkembangnya zaman muncul berbagai
tempat-tempat makan seperti kafe, kedai, restaurant dan sebagainya yang
menyajikan berbagai makanan dengan inovasi baru yang unik. Makanan yang
bermutu, sehat dan bergizi, pelayanan yang layak serta tempat yang nyaman
menjadi salah satu daya tarik dan keinginan para pengunjung karena manuasia tak
pernah puas akan satu hal saja.
Untuk itu, dengan dibuatnya sebuah
kafe yang dapat memuaskan para pelangggan dengan makanan yang sehat, bermutu
dan halal serta dengan pelayanan yang baik dan tempat yang nyaman. Selain
sebagai tempat makan biasanya kafe menjadi tempat berkumpul dan bersantai,
khususnya para kalangan remaja, pegawai kantoran maupun masyarakat umum lainnya
untuk membicarakan tentang pekerjaannya, nongkrong serta tempat yang cocok
untuk arisan bagi para kaum wanita dan tempat berkumpul bersama teman, keluarga
atau lainnya. Biasanya sekelompok orang suka berkumpul disuatu tempat yang
dianggapnya nyaman serta dapat mendukung aktivitas yang dilakukannya.
Velove Café tidak
hanya sebagai tempat untuk makan, tetapi juga bisa dijadikan tempat belajar karena
dilengkapi fasilitas wi-fi sehingga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi.
Velove Café ini menawarkan pelanggan
dengan berbagai hidangan makanan berat hingga ringan. Menu utama dari Velove
Café ini yaitu Nasi Isi Indonesia, Mie Ayam, Mie Ramen, Nasi Sunda serta
menyediakan makanan ringan seperti keripik singkong pedas, makroni dan lainnya.
Serta minuman pelengkap dan aneka macam jus berbagai buah segar dan sehat yang
disajikan secara unik. Velove Café menyajikan
cita rasa khas yang berbeda dan memiliki banyak peminat. Dengan pelayanan yang
baik, ramah dan tamah serta tempat yang begitu nyaman dengan arsitektur desain
kafe penggabungan budaya sunda dengan budaya jepang sehingga terkesan sederhana
namun mewah.
VISI DAN MISI
- Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
- Misi
·
Memberikan kualitas produk
yang terbaik.
·
Memberikan pelayanan yang terbaik.
TUJUAN USAHA
Tujuan
dari bisnis ini adalah :
- Mencari keuntungan sebesar-besarnya
- Membuka lowongan pekerjaan
- Menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan kewirausahaan dalam melakukan kegiatan usaha.
- Mewujudkan kemampuan dan kemantapan dalam berwirausahaan untuk meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.
- Membudayakan semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
MANFAAT USAHA
Dengan
dibuatnya Velove Café ini terdapat manfaat-manfaat yang didapatkan baik dari
segi ekonomi maupun segi sosial, diantaranya sebagai berikut :
- Manfaat Ekonomi
Usaha
café ini cukup menjanjikan, karena
keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan
bagi para pelanggan dengan memberikan harga yang cukup terjangkau tapi dengan
produk yang bermutu, higienis dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga
dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan
keuntungan.
b. Manfaat
Sosial
1) Bagi Pemilik
1) Bagi Pemilik
Dengan melihat peluang ini, diharapkan usaha ini dapat berkembang dan
dapat membuka cabang di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Usaha café ini
cukup menjanjikan bagi kita, karna masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang
belum menikmati dan dating ke kafe yang desain kafe yang bernuansa penggabungan
dua kebudayaan yaitu jepang dan sunda, dimana kita mengambil interior dari
bambu. Keuntungan yang dapat diperoleh oleh pemilik usaha yaitu dapat
menjadikan sebagai pengalaman dalam berbisnis. Serta dapat menjadi pembelajaran
dalam menjalankan bisnis-bisnis yang lain yang lebih besar. Pembelajaran yang
diperoleh seperti bagaimana cara melayani konsumen, serta bagaimana supaya
karyawan menjadi senang dengan kebijakan yang kita tetapkan, dan lain
sebagainya.
2) Bagi Masyarakat
Dengan adanya kafe ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk
memenuhi kebutuhan makanan mereka, dan memuaskan keinginan mereka. Selain itu
juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang
membutuhkan pekerjaan, karena apabila usaha ini telah berkembang maka
membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.
Ide Usaha
Bisnis
Velove
Café merupakan suatu usaha bisnis kafe yaitu sebuah tempat makan dan tempat
nongkrong anak muda yang beralamatkan di Jln.Braga Bandung, tempat ini sangat
strategis karena berada di tengah kota dekat dengan tempat pendidikan seperti
sekolah dan perguruan tinggi serta perkantoran, mudah dijangkau oleh semua
kendaraan. Velove café berdiri di atas lahan seluas 20 m2. Dengan
desain atau arsitektur bangunan cenderung dari penggabungan dua kebudayaan
yaitu Jepang dan Sunda terutama bahan baku untuk bangunan selebihnya dari
bambu. Velove café menyediakan berbagai menu dan untuk menu khas café ini yaitu
Nasi Isi Indonesia yaitu nasi yang bentuk bulat dengan isi berbagai masakan
khas Indonesia, menu lainnya yaitu Mie Ayam, Mie Ramen, Mie Kwetiaw, Ayam
Teriyaki, Chicken Katsu, dan menyediakan berbagai cake serta berbagai minuman
pelengkap seperti Kopi, Teh, Jus berbagai buah, milk shake, Es Bergidig dan
minuman lainnya, serta menyediakan makanan ringan untuk cemilan seperti keripik
singkong, makroni dan makanan ringan lainnya. Menu yang disajikan terjamin akan
kehalalannya, kesehatannya, kebersihannya dan bermutu tinggi serta berkualitas
baik. Dimana ada menu yang menjadi ciri khas kafe ini, yang menjadi daya tarik
orang-orang untuk mencobanya.
Selain
sebagai tempat untuk makan, kafe ini pun bisa gunakan sebagai tempat belajar
dan nongkrong anak muda karena kafe ini menyediakan fasilitas wi-fi dan juga
menampilkan band – band setiap minggunya. Dengan menawarkan produk yang
harganya cukup terjangkau oleh masyarakat namun tetap kualitas produk tetap
terjaga dan berkualitas baik. Serta memberikan pelayanan yang baik, sehingga
para konsumen dapat merasa nyaman dan dapat menjadi pelanggan tetap, sehingga
usaha ini akan mendapat keuntungan.
Tujuan
dibuat dan dibentuknya usaha bisnis ini adalah untuk mendapatkan keuntungan
bagi pemiliknya selain itu juga membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat.
Peluang yang didapatkan pun sangat besar karena disana kebutuhan pasar sangat
tinggi, gaya hidup masyarakat yang sudah berbeda yaitu lebih menyukai makanan
yang cepat saji, karena orang-orang sangat sibuk akan aktivitasnya yang
memungkinkan orang-orang mencari tempat makan yang dapat memberikan kenyamanan
dan juga dapat memuaskan para pelanggan baik dari sajian menu maupun
pelayanannya.
STRUKTUR
ORGANISASI
Berikut
manajemen usaha Velove Café yang terdiri dari:
-
Pemilik
bertugas
mengatur dan mengawasi jalannya usaha
serta kerja para karyawannya dan bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan
usaha.
-
Manager
sebagai
kepala dalam operasional kafe. Tugas manager adalah mengatur
dan mengelola secara optimal penggunan faktor produksi seperti tenaga kerja,
mesin-mesin, peralatan, bahan mentah dan faktor produksi lainnya dalam proses
tranformasi menjadi berbagai produk barang dan jasa.
-
Divisi Keuangan
yang menangani masalah
pemasukan dan pengeluaran kafe. bertugas sebagai kasir yang mana
harus dapat melayani pembayaran konsumen dengan ramah dan sopan.
-
Divisi Pelayanan
terdiri dari 13 karyawan, 5 karyawan sebagai juru masak yang bertugas untuk membuat menu
makanan dan minuman 5
karyawan sebagai pramusaji yang bertugas mengantarkan makanan dan minuman
yang dipesan pelanggan dan bertanggung jawab atas semua pelayanan yang
diberikan kepada pelanggan. Selain itu, pramusaji juga bertugas membantu
membersihkan perlengkapan makan yang kotor. Adapun tugas lainnya, sebagai
berikut:
a. Melayani tamu secara profesional.
b. Memperhatikan kebutuhan tamu.
c. Mengetahui produk yang dijual.
d. Bertanggung jawab terhadap operasional cafe.
e. Menerima pesanan dari tamu.
f. Menyiapkan makanan dan minuman tamu.
g. Membersihkan peralatan yang kotor.
-
1 karyawan sebagai security,
yang bertugas mengamankan
keadaan café agar tidak terjadi kericuhan.
-
2 karyawan lagi sebagai cleaning
service yang bertugas membersihkan ruangan yang ada dan bertanggung jawab
agar kafe tetap bersih dan nyaman.
ANALISIS
SWOT
Sebelum
terbentuknya Velove Café haruslah
dilakukan analisis yang meliputi Strength, Weakness, Opportunity, Threat atau
lebih dikenal dengan analisis SWOT dengan tujuan agar usaha bisnis kafe ini
dapat berjalan dengan baik.
STRENGTH (KEKUATAN)
Kekuatan
dalam bisnis usaha kafe ini adalah pada menu utama yaitu Nasi Isi Indonesia,
dimana dari tekstur sangat unik, dan memiliki cita rasa masakan khas
masing-masing daerah. Adapun minumannya yaitu Es Bergidig yaitu es kelapa muda
yang dicampuri rumput laut. Dan juga masih ada menu lainnya yang memiliki cita
rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya, dengan menggunakan rempah-rempah
alami tanpa bahan pengawet, dan bahan kimia.
Velove
Café ini disertai dengan fasilitas yang dapat menjadi nilai tambah kafe ini
yaitu akses wi-fi. Dimana para pengunjung akan merasa nyaman dan dapat
memuaskan pelanggan.
WEAKNESS (KELEMAHAN)
Kelemahannya pada pemilihan tempat
yang akan dijadikan kafe, dimana tempatnya harus strategis, karena akan
mempengaruhi kelancaran usaha ini, serta adanya inovasi-inovasi baru dalam menu
makanan dan minuman karena para manusia akan mudah bosan dengan menu yang ada.
Faktor lainnya dari kenaikan harga sembako yang dapat menurunkan permintaan
konsumen.
OPPORTUNITY (PELUANG)
Peluang dari usaha ini yaitu banyak
masyarakat yang membutuhkan makanan, terutama bagi kalangan karyawan, anak
muda, serta masyarakat umum yang sangat menyukai kuliner. Serta banyak tempat
makan lainnya yang menggunakan bahan pengawet dan lainnya, maka saya bermaksud
untuk membuat berbagai menu dengan menggunakan bumbu rempah-rempah alami,
sehingga bercita rasa yang khas.
THREAT (ANCAMAN)
Melihat dari banyaknya permintaan
masyarakat dalam mengkonsumsi makanan, maka persaingan dalam menjalankan usaha
ini pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan dan kualitas yang diberikan kepada
konsumen kurang memuaskan, maka konsumen pun akan merasa kecewa, sehingga usaha
ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dalam
menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas produk yang
terbaik kepada semua konsumen. Kualitas produk yang baik dan pelayanan yang terbaik
menjadi prioritas utama dalam menjalankan usaha ini.
ANALISIS
PASAR
Analisis
pasar dari usaha bisnis kafe ini yaitu :
Target Pasar
Usaha ini
berlokasi di tempat yang strategis seperti Jalan Braga, Bandung. Lokasi
tersebut banyak dilewati oleh masyarakat, baik masyarakat lokal, maupun nonlokal
sehingga usaha ini mudah dikenal oleh masyarakat. Yang menjadi target pasarnya yaitu
masyarakat setempat, dan masyarakat pengguna jalan tempat kafe ini berdiri.
Pesaing
Terdapat
banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah harus adanya kreatifitas
bagaimana cara menarik konsumen agar dapat membeli produk tanpa membuat pesaing
merasa tidak senang dengan tindakan yang telah dilakukan. Namun kekeluargaan
harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat
tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang
pasar yang telah di tetapkan.
Sasaran
Pembeli
Dalam
menjalankan usaha ini sasaran pembeli yaitu mencakup semua kalangan masyarakat,
baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan
tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang ditawarkan, harga yang diberikan
pun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang diberikan yaitu mulai
dari Rp. 5.000,- sampai dengan Rp.50.000,- .
STRATEGI PEMASARAN
Adapun
beberapa cara atau strategi pemasaran yang dilakukan agar usaha bisnis dapat
berkembang dan usaha bisnis dapat dikenal oleh banyak orang yaitu :
Dari
Mulut ke Mulut
Cara
pempromosian ini sangat sederhana, dan
tak terlalu banyak mengeluarkan biaya, karena orang lain yang akan
mempromosikan usaha bisnis tersebut. Dengan syarat bila menu yang disajikan
enak, pelayanan yang baik dan tempat yang nyaman, maka orang akan bercerita
kepada orang-orang tentang usaha tersebut dan akan banyak para pelanggan baru
yang mencoba dan menikmati apa yang ada di kafe ini. Namun sebaliknya
orang-orang tidak akan datang dan mencoba bila mendengar bahwa menu, pelayanan
dan tempat yang tidak baik dan tidak dapat memuaskan para konsumen.
Dengan Teknologi
Karena orang-orang pada zaman
sekarang sudah modern dan sudah banyak orang yang mengenal teknologi, dan
pengaruh teknologi dalam hal pempromosian sangat tinggi Oleh karena itu, agar usaha bisnis cepat
dikenal dan diketahui orang-orang maka bisa menggunakan jasa Internet seperti
promosi lewat Facebook, Twitter, Instagram, Path, website dll.
Membuka Cabang
Agar
dapat menambah keuntungan, membuka lowongan pekerjaan serta usaha bisnis yang
dapat dikenal oleh banyak orang yaitu dengan cara membuka cabang usaha baru ke
daerah-daerah lain.
Inovasi Produk
Dengan
membuat atau menambahkan menu yang baru akan membuat para konsumen semakin
tertarik dan tidak akan membuat para pelanggan jenuh akan produk. Sehingga
usaha bisnis akan terus berkembang.
Harga Produk
Adapun harga jual dari setiap menu
sebagai berikut :
Menu
|
Harga
|
Nasi
Isi Indonesia
|
Rp.
25.000,-
|
Mie
Ayam
|
Rp.
15.000,-
|
Mie
Ramen
|
Rp.
20.000,-
|
Mie
Kwetiaw
|
Rp.
15.000,-
|
Ayam
Teriyaki
|
Rp.
25.000,-
|
Chicken
Katsu
|
Rp.
25.000,-
|
Keripik
Singkong (berbagai rasa)
|
Rp. 5.000,-
|
Makroni
(berbagai rasa)
|
Rp. 5.000,-
|
Pasta
|
Rp.
17.000,-
|
Surabi
slai Kinca
|
Rp.
15.000,-
|
Ikan
Bakar mayoneis
|
Rp.
30.000,-
|
Kue
Tart
|
Rp.
35.000,-
|
Brownies
Buah
|
Rp.
40.000,-
|
Pan
cake
|
Rp.
30.000,-
|
Roti
Sehat
|
Rp.
28.000,-
|
Roti
Blueberry
|
Rp.
30.000,-
|
Es
Bergidig
|
Rp.
15.000,-
|
Jus
Alpukat
|
Rp.
15.000,-
|
Jus
Jeruk
|
Rp.
15.000,-
|
Jus
Jambu
|
Rp.
15.000,-
|
Jus
Melon
|
Rp.
15.000,-
|
Jus
Strawberry
|
Rp.
15.000,-
|
Milk
Shake
|
Rp.
15.000,-
|
Kopi daerah
|
Rp.
15.000,-
|
Teh
Cinta
|
Rp.
15.000,-
|
Dreaming
Ice Cream
|
Rp.
20.000,-
|
ASPEK MANAJEMEN
Agar
usaha bisnis berjalan dengan baik dan terus berkembang, harus diperhatikan dalam
aspek manajemennya karena fungsi manajemen itu sendiri yaitu untuk mengatur
segala hal yang ada dalam bisnis agar tidak dapat terjadi kebangkrutan. Dalam
aspek manajemen terdapat beberapa point diantaranya:
SDM (SUMBER DAYA MANUSIA)
-
Karyawan
Untuk
membuat usaha bisnis ini berjalan dibutuhkan beberapa orang yang akan membantu
jalannya usaha seperti karyawan. Karyawan yang dibutuhkan dalam usaha bisnis
kefe ini yaitu ada 15 orang karyawan diantaranya :
-
1 orang sebagai manager
-
1 orang sebagai kasir
-
5 orang sebagai juru masak
-
5 orang sebagai pramusaji
-
1 orang sebagai security
-
2 orang sebagai cleaning service
Adapun
penempatan para karyawan sesuai dengan kemampuan dan keahlian mereka, sebelum
dipekerjakan, para calon karyawan diinterview terlebih dahulu dan dilihat dari
pengalamannya dalam bekerja. Upah datau gaji yang diberikan sesuai dengan UMR
yang berlaku dan sesuai bagiannya. Agar para karyawan dapat nyaman sebagai
pekerja di usaha tersebut dan dapat bekerja dengan baik maka para pekerja
diberikan motivasi dan juga diberi kelayakan yang sepantasnya. Dan menciptakan
lingkungan kerja yang dapat membuat para karyawan nyaman akan pekerjaannya.
-
Distributor
Agar
usaha dapat berlangsung dengan baik maka melakukan kerjasama dengan distributor
penyedia bahan mentah dari menu kafe kami. Sehingga bahan-bahan mentah yang
dibutuhkan usaha ini mudah didapatkan. Distributor disini dimaksudkan adalah
pabrik-pabrik yang menyediakan bahan mentah yang dibutuhkan.
-
Masyarakat
Sekitar
Bukan
hanya tenaga kerja dan distributor yang dapat menunjang kelangsungan usaha.
Karena kita harus memiliki hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar agar
kita dapat disukai oleh masyarakat dan agar
tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
KEUANGAN
Peralatan
Dapur
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Total (Rp)
|
Oven
|
1
buah
|
2.500.000
|
2.500.000
|
Tabung Gas 12 kg
|
2
buah
|
600.000
|
1.200.000
|
Kompor Gas
|
4
buah
|
300.000
|
1.200.000
|
Magic com
|
2
buah
|
700.000
|
1.400.000
|
Baskom
|
5
buah
|
15.000
|
75.000
|
Box Plastik
|
6
buah
|
30.000
|
180.000
|
Panci
|
5
buah
|
100.000
|
500.000
|
Dispenser
|
2
buah
|
70.000
|
140.000
|
Galon
|
4
buah
|
50.000
|
200.000
|
Wajan
|
6
buah
|
60.000
|
480.000
|
Spatula
|
6
buah
|
20.000
|
120.000
|
Talenan
|
3
buah
|
20.000
|
60.000
|
Ladle
|
3
buah
|
20.000
|
60.000
|
Saringan
|
4
buah
|
20.000
|
80.000
|
Pisau
|
2
set
|
100.000
|
200.000
|
Tong Sampah
|
3
buah
|
40.000
|
120.000
|
Timbangan
|
1
buah
|
100.000
|
100.000
|
Cetakan Kue
|
1
set
|
50.000
|
50.000
|
Mesin pembuat es krim
|
1
buah
|
2.000.000
|
2.000.000
|
Scope ice cream
|
2
buah
|
15.000
|
30.000
|
Blender
|
3
buah
|
75.000
|
225.000
|
Mixer otomatis
|
1
buah
|
500.000
|
500.000
|
Serbet
|
30
buah
|
4.000
|
120.000
|
Gelas
|
4
lusin
|
80.000
|
320.000
|
Cangkir
|
3
lusin
|
60.000
|
180.000
|
Sendok dan garpu
makan
|
5
lusin
|
30.000
|
150.000
|
Piring Hidang
|
6
lusin
|
200.000
|
1200.000
|
Nampan
|
5
buah
|
10.000
|
50.000
|
Cobek
|
2
buah
|
25.000
|
50.000
|
Lemari Es
|
2
buah
|
3.000.000
|
6.000.000
|
TOTAL
|
19.490.000
|
Peralatan
Penunjang
Nama Barang
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Total (Rp)
|
Meja makan
|
25
buah
|
100.000
|
2.500.000
|
Kursi
|
50
buah
|
75.000
|
3.750.000
|
Meja Kasir
|
1
buah
|
150.000
|
150.000
|
Wastafel
|
2
unit
|
850.000
|
1.700.000
|
Pesawat Telepon
|
2
buah
|
200.000
|
400.000
|
Komputer
|
1
unit
|
4.000.000
|
4.000.000
|
Printer
|
1
unit
|
500.000
|
500.000
|
Wairless
|
1
unit
|
1.000.000
|
1.000.000
|
Lukisan dan pajangan
|
3
buah
|
100.000
|
300.000
|
ATK
|
|
100.000
|
200.000
|
Speaker Aktif
|
Full
set
|
1.500.000
|
1.500.000
|
Tempat tissue +
tissue
|
30
buah
|
10.000
|
300.000
|
Air Conditioner
|
6
unit
|
2.500.000
|
15.000.000
|
Mesin Kasir
|
1
unit
|
1.000.000
|
1.000.000
|
TOTAL
|
32.300.000
|
Persediaan
Makanan dan Minuman
Komponen
|
Jumlah
|
Harga Satuan (Rp)
|
Harga/3 hari
|
Beras
|
2
krg
|
100.000
|
200.000
|
Mie untuk mie ayam
|
3
kg
|
20.000
|
60.000
|
Mie untuk mie ramen
|
3
kg
|
20.000
|
60.000
|
Mie untuk mie kwetiaw
|
3
kg
|
20.000
|
60.000
|
Ayam
|
10
kg
|
50.000
|
500.000
|
Bawang Merah
|
1
kg
|
10.000
|
10.000
|
Bawang Putih
|
1
kg
|
10.000
|
10.000
|
Minyak Goreng
|
15
liter
|
12.000
|
180.000
|
Kecap Manis
|
30
bks
|
5.000
|
150.000
|
Saus Tomat
|
10
bks
|
5.000
|
50.000
|
Cabai Merah
|
2
kg
|
15.000
|
30.000
|
Cabai Hijau
|
2
kg
|
15.000
|
30.000
|
Tomat
|
2
kg
|
10.000
|
20.000
|
Cabai Rawit
|
2
kg
|
15.000
|
30.000
|
Seledri
|
3
kg
|
5.000
|
15.000
|
Bawang Daun
|
3
kg
|
5.000
|
15.000
|
Bawang Bombay
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Telur
|
7
kg
|
20.000
|
140.000
|
Pecay
|
8
buah
|
3.000
|
24.000
|
Wortel
|
1
kg
|
12.000
|
12.000
|
Sosin
|
20
ikat
|
3.000
|
60.000
|
Kol
|
3
buah
|
3.000
|
9.000
|
Jahe
|
1
kg
|
3.000
|
3.000
|
Jeruk Nipis
|
2
kg
|
5.000
|
10.000
|
Lada
|
1
kg
|
5.000
|
5.000
|
Ketimun
|
3
kg
|
12.000
|
36.000
|
Kayu manis
|
1
kg
|
5.000
|
5.000
|
Cengkeh
|
1
kg
|
5.000
|
5.000
|
Udang
|
4
kg
|
20.000
|
80.000
|
Tepung Terigu
|
5
kg
|
10.000
|
50.000
|
Mentega
|
5
kg
|
15.000
|
75.000
|
Merica
|
1
kg
|
5.000
|
5.000
|
Kecap Asin
|
10
bks
|
10.000
|
100.000
|
Mayoneis
|
7
buah
|
25.000
|
175.000
|
Ceres
|
5
buah
|
22.000
|
110.000
|
Saus Tiram
|
10
buah
|
10.000
|
100.000
|
Gula merah
|
1
kg
|
12.000
|
12.000
|
Gula Pasir
|
5
kg
|
24.000
|
120.000
|
Tepung meizena
|
4
kg
|
25.000
|
100.000
|
Strawberry
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Alpukat
|
3
kg
|
15.000
|
45.000
|
Jeruk
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Jambu
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Melon
|
6
kg
|
10.000
|
60.000
|
Susu kental manis
coklat dan vanilla
|
7
buah
|
10.000
|
70.000
|
Keju
|
4
kg
|
20.000
|
80.000
|
Kismis
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Lemon
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Berbagai the
|
2
kg
|
15.000
|
30.000
|
Berbagai kopi
|
2
kg
|
20.000
|
40.000
|
Coklat batangan
|
3
kg
|
20.000
|
60.000
|
Sayuran lain
|
2
kg
|
10.000
|
20.000
|
Aneka cake
|
1
kg
|
15.000
|
15.000
|
Apel
|
3
kg
|
15.000
|
45.000
|
Pisang
|
3
kg
|
15.000
|
45.000
|
Mangga
|
3
kg
|
15.000
|
45.000
|
Blueberry
|
3
kg
|
15.000
|
45.000
|
Makroni
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Keripik Singkong
|
3
kg
|
10.000
|
30.000
|
Pasta
|
2
kg
|
20.000
|
40.000
|
Kelapa/kara
|
10
bks
|
10.000
|
100.000
|
TOTAL
|
3.636.000
|
Rincian Biaya :
-
Beban Gaji Karyawan Rp. 15.000.000
-
Beban Listrik Rp. 2.000.000
-
Beban Air Rp. 1.000.000
-
Penyewaan Gedung Rp. 50.000.000
-
Akum peny. Gedung (Rp. 2.500.000)
Rp. 65.500.000
Total
keseluruhan :
Peralatan + Persediaan + Beban
= (19.490.000 + 32.300.000) + 3.636.000 + Rp.
65.500.000
= 120.926.000
RANCANGAN
PENGAJUAN MODAL USAHA
·
Total Pembiayaan : Rp. 250.000.000,-
·
Modal Sendiri : Rp.
100.000.000,-
·
Pinjaman yang Diajukan : Rp.
150.000.000,-
·
Jangka Waktu Pengembalian Pinjaman : 5
Tahun
·
Rata-rata umset per-Bulan (Rp) : Rp.
30.000.000,-
·
Keuntungan per-Bulan (Rp) : Rp.
10.000.000,-
·
Investasi pengembalian modal : Rp. 5.000.000,-/bln
PENUTUP
Demikian
proposal usaha bisnis ini saya buat dengan harapan permohonan pengajuan modal
usaha sehingga usaha yang saya dirikan dapat berdiri dan berkembang. Tujuan
dibuatnya proposal ini yaitu untuk membuka peluang usaha. Dapat saya simpulkan
dari pendirian usaha ini yaitu memenuhi kebutuhan pasar dan permintaan konsumen
yang tinggi, serta dapat membuka lowongan pekerjaan sehingga dapat mengurangi
pengangguran.
Akhir
kata saya ucapkan banyak terima kasih terutama kepada Allah SWT, karena dengan
rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan proposal usaha bisnis ini. Serta semua pihak
yang telah membantu. Dan juga harapan agar saudara dapat memberikan modal untuk
usaha ini.
Dan
saya pun mengarapkan kritik dan saran yang membangun bagi kelancaran dan
kemajuan usaha kafe ini.
Sumedang,
20 Mei 2015
Ttd
Novela Putri Dhanty Kusmawan
0 komentar:
Post a Comment